Deklarasi dan Inisialisasi Nilai Variabel dalam C++ Lengkap dengan Video Penjelasan

Video 1. Penjelasan mengenai deklarasi dan inisialisasi nilai variabel

Variabel merupakan sebuah “wadah” yang digunakan untuk menampung data/nilai dengan tipe data tertentu. Jika dianalogikan, variabel dapat dianggap sebagai sebuah gelas. Gelas tersebut ditujukan untuk menampung benda cair. Variabel kurang leih seperti gelas tadi. Lebih spesifiknya, variabel adalah penamaan terhadap lokasi memori (Random Access Memory) untuk menyimpan nilai sementara di dalamnya. Penamaan ini bertujuan untuk mempermudah kita menyimpan ataupun mengolah suatu data. Dapat dibayangkan jika tidak ada mekanisme penamaan variabel. Maka kita harus menghafal alamat memory dan mengkonversi nilai yang kita simpan ke dalamnya secara manual. Setelah itu, barulah nilai tersebut dapat kita proses. Itu akan sangat merepotkan bukan?

Variabel merupakan unit dasar dari sebuah program. Tanpa variabel kita akan kesulitan untuk mengolah data pada program yang kita buat. Adapun sifat dari sebuah variabel adalah sebagai berikut:

  • Nilai yang disimpan dalam variabel dapat diubah selama eksekusi program. Variabel yang telah menampung suatu nilai dapat diisi kembali dengan nilai yang berbeda. Namun, harus tetap dengan tipe data yang sama. Nilai yag tersimpan adalah nilai yang terakhir dimasukkan.
  • Variabel hanyalah sebuah nama yang diberikan ke lokasi memori. Semua operasi yang dilakukan pada variabel akan memberikan efek kepada lokasi memori.
  • Dalam bahasa pemrograman C++, sebuah variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Aturan Penamaan Variabel

Dalam memberikan nama variabel juga terdapat aturan khusus yang wajib untuk dipenuhi dan diperhatikan. Berikut aturan pemberian nama variabel dalam C++:

  • Nama variabel dapat terdiri atas satu atau beberapa karakter. Karakter terebut dapat terdiri dari angka (0-9), huruf (A-Z, a-z), simbol dollar ($), garis bawah (_).
  • Tidak boleh diawali dengan angka.
  • Tidak diperbolehkan untuk menggunakan simbol tertentu dalam nama variabel seperti ?, !, &, %, @, #, *, (, ), -, +, =, ‘, “, dan lain-lain.
  • Variabel hanya terdiri dari satu kata (tidak boleh lebih dari satu kata), dengan kata lain tidak boleh megandung spasi. Jika nama variabel yang akan diberikan terdiri atas dua kata maka pisahkan menggunakan underscore (_) bukan spasi.
  • Bersifat case sensitive. Nama variabel yang sama akan dianggap berbeda jika bentuk hurufnya (kapital/non-kapital) berbeda.
  • Tidak boleh mengandung keyword atau kata kunci tertentu yang digunakan pada C++. Contohnya seperti int, float, char, private, class, struct dan lain-lain.
  • Panjang variabel tidak dibatasi.
  • Nama variabel sebaiknya merepresentasikan data yang ditampungnya.

Sintaks Pendeklarasian Variabel

Berikut beberapa sintaks yang dapat digunakan dalam pendeklarasian variabel.

Sintaks mendeklarasikan sebuah variabel

tipe_data nama_variabel;

Gambar 1. Pendeklarasian sebuah variabel.

Berdasarkan sintaks pada gambar 1, berikut contoh pengimplementasiannya dalam C++.

int usia;
float tinggi_badan;
char nilai_MK;

Dari contoh di atas dapat diketahui bahwa pada baris 1 terdapat sebuah variabel usia yang bertipe data integer. Artinya variabel usia dapat menampung nilai bilangan bulat/integer secara tepat. Pada baris 2 terdapat variabel tinggi_badan yang bertipe float. Artinya variabel tinggi_badan dapat menyimpan nilai dalam bentuk bilangan real. sedangkan pada baris 3 terdapat variabel nilai_MK yang bertipa char. Artinya, variabel nilai_MK dapat menampung sebuah nilai karakter.

Sintaks mendeklarasikan lebih dari satu variabel sekaligus

tipe_data nama_variabel1, nama_variabel2, nama_variabel3;

Gambar 2. Pendeklarasian lebih dari satu variabel dengan tipe data yang sama.

Berdasarkan sintaks pada gambar 2, berikut contoh pengimplementasiannya dalam C++.

float tinggi_badan, berat badan;

Dari contoh di atas dapat diketahui bahwa pada baris 1 terdapat variabel tinggi_badan dan berat_badanyang dideklarasikan dengan tipe data float secara bersamaan dalam satu baris. Artinya variabel tinggi_badan dan berat_badan dapat menampung nilai bilangan real.

Sintaks mendeklarasikan sebuah variabel disertai inisialisasi nilai

tipe_data nama_variabel = nilai;

Gambar 3. Pendeklarasian variabel disertai inisialisasi nilai..

Adapun contoh pendeklarasian variabel disertai penginisialisasian nilai dapat dilihat pada gambar 4.

Gambar 4. Contoh pendeklarasian variabel disertai inisialisasi nilai.

Pada gambar 4 dapat kita ketahui bahwa sebuah variabel dideklarasikan dengan nama usia bertipe int (integer). Artinya, variabel usia dapat menampung data/nilai bertipe integer/bilangan bulat. Adapun nilai yang disimpan ke dalam variabel usia adalah 27.

Sintaks mendeklarasikan beberapa variabel dengan tipe data yang sama disertai inisialisasi nilai dalam satu baris

tipe_data nama_variabel1 = nilai1,nama_variabel2 = nilai2, nama_variabel3 = nilai3;

Gambar 5. Pendeklarasian lebih dari satu variabel dengan tipe data yang sama disertai inisialisasi nilai untuk masing-masing variabel.

Berdasarkan sintaks pada gambar 5, berikut contoh pengimplementasiannya dalam C++.

float tinggi_badan = 160.5, berat badan =60.5;

Dari contoh di atas dapat diketahui bahwa pada baris 1 terdapat variabel tinggi_badan dan berat_badanyang dideklarasikan dengan tipe data float secara bersamaan dalam satu baris. Artinya variabel tinggi_badan dan berat_badan dapat menampung nilai bilangan real. Selain itu, penginisialisasian nilai juga dilakukan bersamaan pada saat pendeklarasian variabelnya. Berdasarkan contoh perintah tersebut diketahui bahwa variabel tinggi_badan dan berat_badan masing-masing menampung nilai 160.5 dan 60.5.


Itulah hal yang bisa kami jelaskan mengenai pendeklarasian dan penginisialisasian nilai variabel. Semoga dapat menambah wawasan teman-teman yang masih baru dalam dunia pemrograman. Semoga bermanfaat.

Jika ingin mendengarkan penjelasan secara lisan, jangan sungkan untuk mengunjungi channel youtube kami “PAKKODING“.

Oh iya, share halaman ini agar orang-orang yang baru belajar pemrograman dapat terbantu.

Terima kasih.

 2,122 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *